Kemendikbud Ristek Menepis Isu Pergantian Seragam Sekolah

by
Pergantian

olympic.or.id – Isu mengenai kemungkinan pergantian seragam sekolah untuk tingkat pendidikan dasar hingga menengah setelah perayaan Lebaran tahun 2024 dibantah oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud, Anang Ristanto, menegaskan bahwa kabar tersebut tidak benar. Menurutnya, kebijakan terkait seragam sekolah masih mengacu pada Peraturan Mendikbud Ristek Nomor 50 Tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah. Dengan demikian, tidak ada aturan yang memaksa siswa untuk membeli seragam baru pada tahun 2024.

” Baca Juga: Pentingnya Penyaringan Konten dalam Gim dan Media Digital “

Klarifikasi dari Kemendikbud Ristek

Anang menjelaskan bahwa tidak ada kebijakan baru terkait seragam sekolah yang dikeluarkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim untuk tahun 2024. Seragam sekolah yang berlaku saat ini masih tetap mengikuti peraturan yang ada, terdiri dari seragam nasional dan seragam Pramuka. Meskipun demikian, sekolah memiliki kewenangan untuk menetapkan pakaian khas, dan pemerintah daerah diizinkan untuk mengatur pakaian adat asalkan tidak mengganggu hak peserta didik dalam menjalankan agama dan kepercayaan mereka.

Tujuan dan Manfaat Seragam Sekolah

Seragam sekolah memiliki tujuan yang bermakna dalam membentuk identitas sekolah dan memperkuat rasa kebersamaan di antara siswa. Melalui seragam, siswa diajarkan untuk menghargai dan memahami pentingnya kesetaraan serta disiplin. Selain itu, seragam sekolah juga menjadi simbol nasionalisme dan kesatuan, memperkuat rasa bangga terhadap identitas negara dan institusi pendidikan. Dengan demikian, seragam sekolah tidak hanya sekadar pakaian, tetapi juga merupakan instrumen dalam membentuk karakter dan nilai-nilai positif di kalangan siswa.

Baca Juga :   Kebermaknaan Pendidikan Pascasarjana dalam Era Modern

Penegasan Kemendikbud Ristek

Kemendikbud Ristek menegaskan bahwa tidak akan ada pergantian seragam sekolah setelah Lebaran tahun 2024 seperti yang beredar di masyarakat. Kebijakan terkait seragam sekolah saat ini masih berlaku sesuai dengan peraturan yang ada. Dengan demikian, para siswa dan orang tua tidak perlu khawatir akan adanya perubahan seragam sekolah dalam waktu dekat.

” Baca Juga: Rekomendasi Game PC Horror Terbaik 2024 “

Melalui klarifikasi ini, Kemendikbud Ristek berupaya untuk menghilangkan kebingungan dan ketidakpastian yang mungkin muncul di kalangan masyarakat terkait isu pergantian seragam sekolah. Mereka menegaskan bahwa kebijakan yang berlaku saat ini tetap berlaku dan tidak ada rencana untuk mengubahnya dalam waktu dekat.

No More Posts Available.

No more pages to load.