Wakil Ketua MPR Dorong Konsisten Adaptasi Pendidikan Nasional

by

olympic.or.id – Dalam menghadapi perkembangan global yang semakin pesat, kemampuan ber-adaptasi menjadi kunci bagi setiap sektor, termasuk sektor pendidikan. Di Indonesia, perhatian khusus terhadap adaptasi dalam dunia pendidikan menjadi sangat penting untuk menjawab tantangan yang ada, terutama terkait dengan relevansi pendidikan dengan kebutuhan pasar kerja. Hal ini menjadi fokus dari pernyataan Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, yang menekankan pentingnya peningkatan daya adaptasi di bidang pendidikan secara konsisten.

” Baca Juga: Erick Thohir Dorong Klub Liga 1 Dukung Pemain Timnas “

Pentingnya Adaptasi Pendidikan Nasional

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, menekankan bahwa daya adaptasi dalam sistem pendidikan nasional harus terus ditingkatkan secara konsisten untuk menghadapi perkembangan global. Dalam sebuah pernyataan pada Selasa, 25 Juni 2024, Lestari menjelaskan bahwa upaya adaptasi tersebut sangat penting untuk mengatasi berbagai kendala yang saat ini dihadapi oleh sistem pendidikan di Indonesia. Menurutnya, tantangan global menuntut perubahan dan adaptasi yang berkelanjutan agar pendidikan di Indonesia tetap relevan dan kompetitif.

Masalah-masalah Pendidikan Tinggi di Indonesia

Lestari merujuk pada data dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang mencatat ada tiga masalah utama dalam pendidikan tinggi di Indonesia. Pertama, terdapat ketimpangan akses pendidikan tinggi yang menyebabkan tidak meratanya kesempatan untuk mendapatkan pendidikan tinggi bagi seluruh lapisan masyarakat. Kedua, ketimpangan dalam hal kualitas pendidikan, di mana masih terdapat perbedaan yang signifikan antara institusi pendidikan tinggi yang satu dengan yang lainnya. Ketiga, relevansi pendidikan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja yang masih kurang, yang mengakibatkan lulusan sulit mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi mereka.

Baca Juga :   Bunga Rampai Budaya Lokal: Dekranasda Sleman dan Sentuhan Elegan dalam Tenun Ikat

Selain itu, Lestari juga menyebutkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022 yang menunjukkan adanya 1,2 juta pengangguran terdidik di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa ijazah dan gelar akademik tidak lagi menjadi jaminan untuk mendapatkan pekerjaan. Perubahan dalam landscape dunia kerja membuat keterampilan praktis dan relevan menjadi lebih penting daripada sekadar memiliki gelar akademik.

Pentingnya Peran Pemangku Kepentingan

Lestari menggarisbawahi pentingnya perhatian dari para pemangku kepentingan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Untuk menghadirkan kebijakan yang dapat mendorong peningkatan daya adaptasi dalam ekosistem pendidikan nasional. Menurutnya, kebijakan yang tepat akan membantu mengatasi masalah akses, kualitas, dan relevansi pendidikan tinggi. Sehingga lulusan dapat lebih siap menghadapi kebutuhan dunia kerja.

Ia menekankan bahwa semua pihak harus berperan aktif dalam mengatasi kendala-kendala yang ada dan mendukung upaya perbaikan dalam sistem pendidikan. Hal ini mencakup peningkatan kualitas tenaga pengajar serta perbaikan sistem pendidikan yang mampu mendorong daya adaptasi yang lebih baik. Lestari sangat berharap adanya dukungan dari semua pihak untuk mewujudkan langkah-langkah strategis yang dapat memperkuat sektor pendidikan di Indonesia.

” Baca Juga: Joe Biden Sindir Donald Trump dalam Debat Capres AS “

Langkah-langkah Strategis untuk Masa Depan

Lestari menutup pernyataannya dengan menekankan bahwa hanya melalui sumber daya manusia yang terdidik. Serta memiliki keterampilan yang relevan sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Indonesia dapat menjawab tantangan-tantangan yang ada di masa depan. Ia mendorong adanya perbaikan sistem pendidikan dan peningkatan kualitas tenaga pengajar. Sebagai langkah strategis untuk meningkatkan daya adaptasi ekosistem pendidikan nasional. Dengan demikian, pendidikan di Indonesia dapat terus berkembang dan tetap relevan dengan perubahan yang terjadi di dunia global.

Baca Juga :   OpenAI Luncurkan ChatGPT Edu untuk Mahasiswa dan Dosen

Langkah-langkah yang diusulkan oleh Lestari ini menunjukkan komitmen untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Serta memastikan bahwa lulusan pendidikan tinggi memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Sehingga dapat berkontribusi secara maksimal dalam pembangunan nasional.

No More Posts Available.

No more pages to load.