Bagaskara Ikhlasulla Arif dan Kontroversi Jabatan di Pertamina

by
Bagaskara Ikhlasulla Arif

olympic.or.id – Bagaskara Ikhlasulla Arif, keponakan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial seperti X (sebelumnya Twitter) dan Instagram pada Kamis, 6 Juni 2024. Ia adalah putra dari Titik Relawati, adik bungsu Presiden Jokowi. Perhatian publik tertuju padanya setelah kabar bahwa Bagaskara menjabat sebagai manager non-government relations di PT Pertamina mencuat. Unggahan akun @undercover.id di media sosial menyatakan, “Keponakan Presiden Jokowi Menjadi Manager di Pertamina,” pada Kamis, 6 Juni 2024. Berita ini menimbulkan kehebohan karena menambah panjang daftar anggota keluarga Presiden Jokowi yang menduduki posisi penting di pemerintahan maupun di Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

” Baca Juga: Marc Marquez Pindah ke Tim Pabrikan Ducati“

Konfirmasi dan Penjelasan Pertamina

Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Fadjar Djoko Santoso. Mengonfirmasi bahwa Bagaskara memang menjabat sebagai manager non-government relations sejak Maret 2024. Fadjar menjelaskan bahwa Bagaskara pertama kali bergabung dengan Pertamina pada tahun 2021 melalui jalur profesional. Jalur profesional atau experienced hired adalah metode rekrutmen yang ditujukan untuk calon pegawai dengan pengalaman kerja sebelumnya di bidang tertentu. Menurut Fadjar, Pertamina sering melakukan rekrutmen melalui jalur ini berdasarkan kebutuhan dan kompetensi yang relevan. Ia menekankan bahwa posisi tersebut terbuka untuk semua pegawai yang memenuhi persyaratan dan berminat mendaftar serta mengikuti proses seleksi yang berlaku.

Latar Belakang Pendidikan dan Karier Bagaskara

Profil Bagaskara Ikhlasulla Arif semakin menjadi sorotan setelah berita mengenai jabatannya di Pertamina viral. Akun LinkedIn miliknya tidak bisa diakses, tetapi berdasarkan informasi dari laman PDDikti. Bagaskara adalah lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) jurusan Ilmu Komunikasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Ia lulus jenjang Sarjana pada tahun 2016. Sebelum menjabat sebagai manager non-government relations di Pertamina. Bagaskara pernah bekerja di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, sebuah perusahaan BUMN lainnya. Informasi ini menunjukkan bahwa ia memiliki pengalaman profesional di sektor BUMN sebelum bergabung dengan Pertamina.

Baca Juga :   Sinergi Presiden: Konsep 'Presidential Club' Prabowo

” Baca Juga: 27 Korban di Sekolah PBB Gaza Akibat Serangan Israel “

Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerjanya, Bagaskara memenuhi syarat untuk posisi yang diembannya saat ini. Namun, hubungan keluarganya dengan Presiden Jokowi tetap menjadi bahan perdebatan publik mengenai transparansi dan nepotisme dalam penunjukan jabatan penting di BUMN.

No More Posts Available.

No more pages to load.