Perdebatan Mengenai MSG dan Garam Dapur

by
MSG dan Garam Dapur

olympic.or.id – Perdebatan mengenasi MSG dan Garam Dapur ramai Belakangan ini. media sosial diramaikan dengan diskusi seputar monosodium glutamat (MSG) atau micin, yang diklaim beberapa pihak lebih sehat daripada garam dapur. Namun, apakah benar MSG memiliki keunggulan kesehatan dibandingkan dengan garam dapur? apakah MSG dan Garam Dapur lebih sehat MSG?

” Baca Juga: Etika Berkendara dan Tanggapan Insiden Pengemudi Fortuner “

Perspektif Dokter Spesialis Gizi

Menurut dr. Johanes Chandrawinata, seorang dokter spesialis gizi, terdapat perbedaan signifikan dalam kandungan natrium antara MSG dan garam dapur. MSG, atau monosodium glutamat, memiliki kandungan natrium yang lebih rendah daripada garam dapur. Dalam percakapannya dengan detikcom, dr. Johanes menjelaskan bahwa garam dapur, atau natrium klorida, memiliki kandungan natrium sekitar 36 persen, sementara MSG hanya memiliki sekitar 12 persen kandungan natriumnya.

Penelitian tentang Kandungan Natrium

dr. Johanes juga mengacu pada penelitian yang dilakukan di Singapura dan Malaysia, yang membandingkan konsentrasi natrium pada makanan berkuah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makanan berkuah dengan kandungan garam 0,3 persen ditambah 0,7 persen MSG memiliki kandungan natrium yang 25 persen lebih rendah daripada makanan berkuah dengan kandungan garam 0,9 persen. Ini menunjukkan bahwa penggunaan MSG dapat membantu mengurangi jumlah natrium dalam makanan.

Fungsi MSG dan Garam Dapur

Namun demikian, dr. Johanes menekankan bahwa MSG dan garam dapur memiliki fungsi yang berbeda. Garam dapur digunakan untuk memberikan rasa asin, sementara MSG memberikan rasa umami atau gurih. Oleh karena itu, dr. Johanes menegaskan bahwa MSG bukanlah pilihan yang “lebih sehat” dibandingkan dengan garam dapur.

Baca Juga :   Banyak Aplikasi yang Hentikan Layanannya di Russia

Pentingnya Mengatur Konsumsi Natrium

Menurut dr. Johanes, yang terpenting bagi masyarakat adalah memastikan bahwa konsumsi natrium tetap dalam batas aman yang ditentukan. Konsumsi makanan yang tinggi natrium dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk hipertensi dan penyakit jantung. Oleh karena itu, ia menyarankan untuk mengurangi konsumsi garam yang berlebihan dan menggunakan MSG secara moderat.

” Baca Juga: Mengulas 5 Aplikasi Dompet Digital Terbaik di Tahun 2024 “

Kesimpulan: Penggunaan yang Moderat

Dari penjelasan dr. Johanes, dapat disimpulkan bahwa meskipun MSG memiliki kandungan natrium yang lebih rendah daripada garam dapur, keduanya memiliki fungsi yang berbeda dalam memberikan rasa pada makanan. Oleh karena itu, tidak tepat untuk mengatakan bahwa MSG lebih baik atau lebih sehat daripada garam dapur. Yang penting adalah mengatur konsumsi natrium secara moderat dan memilih bahan makanan dengan bijak untuk mendukung kesehatan tubuh.

No More Posts Available.

No more pages to load.