Perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)

by
Hardiknas

olympic.or.id – Pada tanggal 2 Mei 2024, Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang telah ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959. Hardiknas dipilih sebagai hari peringatan karena bertepatan dengan hari lahirnya Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh penting dalam dunia pendidikan Indonesia. Tujuan dari Hardiknas adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan di Indonesia. Serta untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan pendidikan yang telah berjuang keras untuk mengubah wajah pendidikan di negeri ini. Ki Hajar Dewantara sendiri memiliki perjalanan panjang dalam dunia pendidikan, mulai dari pengalaman sekolahnya di masa penjajahan hingga akhirnya mendirikan lembaga pendidikan Taman Siswa.

” Baca Juga: Kritik Netizen terhadap Kinerja Pegawai Bea Cukai “

Pengorbanan Ki Hajar Dewantara dalam Dunia Pendidikan

Ki Hajar Dewantara, lahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat. Memiliki peran yang sangat penting dalam memperjuangkan hak pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia. Meskipun menghadapi berbagai hambatan dan rintangan, seperti pengasingan ke Belanda, Ki Hajar Dewantara tetap gigih dalam perjuangannya. Melalui tulisan-tulisannya, beliau mengkritik ketidakadilan dalam sistem pendidikan yang hanya menguntungkan golongan tertentu. Setelah kembali ke Indonesia, Ki Hajar Dewantara mendirikan Taman Siswa sebagai wujud nyata dari cita-citanya untuk menyediakan pendidikan yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat. Filosofi “Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani” yang diusungnya juga menjadi landasan dalam menjalankan misi pendidikan tersebut.

Hari Kakak Adik Nasional

Selain perayaan Hardiknas, tanggal 2 Mei juga diperingati sebagai Hari Kakak Adik Nasional, yang berasal dari Amerika Serikat. Meskipun awalnya berasal dari negara tersebut. Perayaan Hari Kakak Adik telah menjadi momen global yang diakui oleh banyak orang di seluruh dunia. Hari ini diperingati sebagai penghargaan terhadap hubungan antara kakak dan adik. Mengingat pentingnya ikatan emosional dan dukungan yang diberikan satu sama lain dalam keluarga. Perayaan ini juga menjadi kesempatan untuk mengenang dan menghargai peran kakak dan adik dalam membangun hubungan yang saling mendukung dan menginspirasi satu sama lain.

Baca Juga :   Nadiem Makarim Kebijakan Seragam Sekolah Baru

” Baca Juga: Ulang Tahun Baim Wong Memasuki Usia 43 Tahun “

Kesimpulan

Tanggal 2 Mei 2024 menjadi momen yang berarti dengan perayaan Hardiknas sebagai bentuk penghargaan terhadap pentingnya pendidikan dalam pembangunan bangsa. Sementara juga mengenang jasa Ki Hajar Dewantara dalam memperjuangkan hak pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia. Di samping itu, peringatan Hari Kakak Adik Nasional menjadi kesempatan untuk menghargai hubungan emosional antara kakak dan adik di seluruh dunia. Semua perayaan ini mencerminkan pentingnya nilai-nilai keluarga dan pendidikan dalam membangun masyarakat yang lebih baik.

No More Posts Available.

No more pages to load.