Tradisi Baguntung dan Peluncuran Pilkada Sumbawa 2024

by
Tradisi Baguntung

olympic.or.id – Tradisi baguntung menjadi penanda dimulainya tahapan Pilkada oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk tahun 2024. Baguntung adalah tradisi kuno Suku Samawa yang telah berlangsung selama ribuan tahun. Digunakan untuk menandai dimulainya acara-acara besar, termasuk pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur NTB dan Bupati Sumbawa. Tradisi ini dilakukan dengan membunyikan alu pada rantok, alat penumbuk padi khas Sumbawa, sehingga menghasilkan bunyi nyaring yang menggema.

” Baca Juga: Perubahan Cepat Batas Usia Calon Kepala Daerah oleh MA “

Peluncuran Meriah di Kantor KPU Sumbawa

Peluncuran Pilkada dengan tradisi baguntung ini berlangsung meriah di Halaman Kantor KPU Sumbawa pada Kamis malam, 30 Mei 2024. Ketua KPU Sumbawa, Syamasi Hidayat, menyatakan bahwa Pilkada Sumbawa 2024 mengangkat tema “Maras” yang merupakan akronim dari Mandiri, Akuntabel, Profesional, Adil, dan Sukses. Syamsi menekankan bahwa semua kegiatan harus dilakukan dengan bahagia dan bahwa dalam proses pemilihan, perbedaan pilihan tidak seharusnya menjadi masalah. Menurutnya, yang terpilih secara aturan harus diakui, sementara yang tidak terpilih merupakan bagian dari proses demokrasi.

Kesiapan KPU Sumbawa Menghadapi Pilkada

Peluncuran ini menandakan kesiapan KPU Sumbawa dalam melaksanakan Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Sumbawa. Syamsi menjelaskan bahwa mereka telah melakukan beberapa persiapan, termasuk perekrutan badan adhoc Pilkada 2024 beberapa hari sebelumnya. Di tingkat kecamatan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah dilantik dan mulai bekerja, begitu pula dengan Panitia Pemilihan Desa (PPS) di tingkat desa. Langkah berikutnya adalah pemutakhiran data pemilih oleh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Baca Juga :   Skandal Gratifikasi dan TPPU, Kasus Hakim Agung Gazalba Saleh

Partisipasi Masyarakat dalam Pemutakhiran Data

Syamsi berharap masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam setiap tahapan Pilkada. Ia mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka pada pemilihan bupati dan wakil bupati yang akan dilaksanakan pada 27 November. Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa yang diwakili oleh Asisten III Setda Sumbawa, Ir Dirmawan, mengapresiasi kerja keras dan dedikasi KPU Sumbawa dalam menyelenggarakan pemilihan yang berkualitas. Dirmawan menekankan bahwa pemilihan umum adalah pilar penting dalam demokrasi, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menentukan arah pembangunan ke depan. Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam setiap tahapan dan menjaga kondusivitas daerah demi pemilihan yang jujur dan adil.

” Baca Juga: Penangkapan Buron Thailand Chaowalit Thongduang di Bali “

Apresiasi dari Bupati Sumbawa

Ketua KPU NTB yang diwakili oleh Ketua Divisi Bidang Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia, Agus Hilman. Mengucapkan selamat atas peluncuran tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa 2024. Ia berharap peluncuran ini menjadi awal kesuksesan pembangunan Kabupaten Sumbawa di masa depan. Hilman mengingatkan bahwa KPU tidak bisa bekerja sendiri untuk menyukseskan semua tahapan Pilkada. melainkan memerlukan kolaborasi dengan semua stakeholder, termasuk masyarakat, TNI Polri, pemerintah, dan peserta Pemilu. Dukungan dan partisipasi dari semua elemen masyarakat sangat diperlukan untuk kesuksesan Pilkada.

No More Posts Available.

No more pages to load.