Nadiem Makarim Kebijakan Seragam Sekolah Baru

by
Seragam Sekolah Baru

olympic.or.id – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, telah mengumumkan kebijakan baru terkait jenis-jenis seragam sekolah. Aturan baru ini akan berlaku untuk tingkat pendidikan dasar (SD), menengah pertama (SMP), dan menengah atas (SMA).

” Baca Juga: Tutorial Makeup: Urutan yang Benar untuk Tampilan Terbaik “

Latar Belakang Kebijakan

Kebijakan ini didasarkan pada Permendikbud Nomor 50 Tahun 2022. Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa kebijakan tersebut bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan kedisiplinan kepada peserta didik. Selain itu, tujuannya juga untuk meningkatkan citra satuan pendidikan dan mengakomodir kebutuhan pengaturan pakaian seragam yang sesuai dengan kebijakan nasional pendidikan serta perkembangan masyarakat.

Jenis Seragam Baru

Menurut Permendikbud Nomor 50 Tahun 2022, terdapat beberapa jenis seragam yang akan diterapkan bagi peserta didik mulai dari SD hingga SMA.

Pakaian Seragam Nasional

Pakaian ini dikenakan oleh peserta didik di sekolah dengan model dan warna yang seragam di seluruh Indonesia. Digunakan setidaknya pada setiap hari Senin dan Kamis, serta pada upacara bendera.

Pakaian Seragam Pramuka

Model dan warna pakaian seragam pramuka mengacu pada ketentuan yang ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Pakaian ini digunakan pada hari-hari tertentu yang telah ditetapkan oleh masing-masing sekolah.

Pakaian Seragam Khas Sekolah

Setiap sekolah memiliki kebebasan untuk menetapkan model dan warna seragam khas mereka, dengan memperhatikan hak peserta didik dalam menjalankan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pakaian ini digunakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh sekolah masing-masing.

Baca Juga :   Bunga Rampai Budaya Lokal: Dekranasda Sleman dan Sentuhan Elegan dalam Tenun Ikat

Pakaian Adat

Ini digunakan oleh peserta didik pada hari atau acara adat tertentu, sebagai bentuk pelestarian budaya dan identitas lokal.

Implikasi Kebijakan

Kebijakan ini tidak hanya mencakup aspek pakaian, tetapi juga berdampak pada pembentukan identitas, kedisiplinan, dan kesadaran akan budaya dan tradisi. Dengan adanya aturan yang jelas mengenai seragam sekolah, diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih teratur dan berkarakter.

” Baca Juga: Panduan Bermain Gitar untuk Pemula: Langkah Mudah dan Cepat “

Kesimpulan

Dengan penetapan jenis-jenis seragam baru sekolah ini, Nadiem Makarim berupaya untuk memperkuat nilai-nilai nasionalisme, kedisiplinan, dan identitas dalam pendidikan. Selain itu, kebijakan ini juga mengakomodir kebutuhan akan pengaturan seragam yang sesuai dengan perkembangan zaman dan keberagaman masyarakat Indonesia.

No More Posts Available.

No more pages to load.