Kenaikan Tarif Transportasi Darat

by
Transportasi Darat

olympic.or.id – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memperingatkan tentang potensi kenaikan tarif transportasi darat, termasuk kereta api dan bis, yang dapat memicu inflasi. Menurutnya, sektor transportasi menjadi salah satu pendorong inflasi yang signifikan, seperti yang terjadi pada bulan April lalu. Data menunjukkan bahwa inflasi sebesar 0,93 persen secara mtm disebabkan oleh sektor transportasi. Dengan kontribusi sebesar 0,12 persen terhadap tingkat inflasi nasional.

” Baca Juga: Dukungan Tanah untuk Sekolah Baru di Ndondo “

Kewaspadaan terhadap Hari Libur dan Dampaknya pada Transportasi

Tito Karnavian juga menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap lonjakan aktivitas transportasi selama masa liburan. Terutama dengan adanya dua hari libur yang cukup panjang pada bulan Mei. Selain sektor transportasi udara, transportasi darat seperti bis dan kereta api juga perlu dipantau dengan cermat. Karrena potensi kenaikan tarif yang dapat berdampak pada inflasi.

Langkah untuk Mengendalikan Kenaikan Tarif

Untuk menghindari dampak negatif dari kenaikan tarif transportasi darat, Menteri Karnavian mengumumkan bahwa pemerintah akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan. Langkah-langkah akan diambil untuk menjaga kestabilan harga tiket agar tidak dimanfaatkan oleh operator transportasi untuk menaikkan tarif secara signifikan. Selain itu, pemerintah daerah juga diminta untuk berkoordinasi dengan pengusaha transportasi darat, terutama bis, untuk memastikan bahwa kenaikan tarif tidak melonjak secara tidak wajar saat jumlah penumpang meningkat.

Penurunan Tingkat Inflasi Meskipun Ada Hari Raya Idul Fitri

Meskipun terdapat momen Hari Raya Idul Fitri pada bulan April, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat penurunan tingkat inflasi dibandingkan bulan sebelumnya. Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti menyatakan bahwa inflasi tahunan pada bulan April 2024 mencapai 3 persen. Sedikit lebih rendah dari bulan sebelumnya yang mencapai 3,05 persen.

Baca Juga :   Kecelakaan Tragis Bus Pariwisata di Ciater, Subang, Jabar

” Baca Juga: Israel Tetap Serang Meski Tuntutan Gencatan Senjata “

Faktor Utama Penyebab Inflasi pada April

Menurut Amalia, inflasi pada bulan April terutama disebabkan oleh kelompok transportasi. Tingkat inflasi sebesar 0,93 persen secara mtm dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kenaikan tarif angkutan udara, antar kota, dan kereta api. Meskipun demikian, penurunan inflasi secara keseluruhan menunjukkan bahwa langkah-langkah pengendalian inflasi telah memberikan dampak positif meskipun dalam situasi yang menantang.

No More Posts Available.

No more pages to load.