Awal Perjalanan DJI: Dari Hobi menjadi Bisnis

by
Bisnis

olympic.or.id – Frank Wang, CEO DJI, memulai perjalanan bisnisnya dari sebuah hobi yang berkembang menjadi bisnis besar dalam industri drone. Wang, yang memiliki ketertarikan terhadap model pesawat sejak kecil, mendapatkan dorongan awal dari ayahnya yang membelikan model pesawat helikopter yang bisa dikendalikan dari jauh. Ketika Wang masih kuliah di Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong, minatnya terhadap perangkat terbang di udara semakin berkembang. Ia bahkan meraih juara ketiga dalam sebuah kompetisi drone di Hong Kong.

” Baca Juga: Perlindungan dan Hak Penyandang Difabel di Badung “

Perintis DJI di Kamar Kos

Pada tahun 2006, Wang memulai proyek pembuatan drone komersil pertamanya dari kamar kosnya. Di saat yang sama, ia juga mulai menjual beberapa komponen flight control ke kampus dan perusahaan di China. Langkah ini menjadi awal perjalanan DJI sebagai produsen drone terkemuka. Meskipun awalnya fokus pada penjualan komponen di pasar domestik, Wang kemudian mendirikan perusahaan kecil bernama Da-Jiang Innovations (DJI) di Shenzhen, China.

Perjalanan Menuju Sukses

Meskipun awalnya DJI menghadapi beberapa konflik internal akibat kepribadian Wang yang perfeksionis, hal ini tidak menghentikan langkah perusahaan. Bahkan, investasi sebesar $90.000 dari rekan bisnisnya membantu DJI untuk terus berkembang. Wang terus melakukan riset dan pada tahun 2010, ia merekrut teman sekolahnya untuk mengurus pemasaran. Riset pasar yang dilakukan tim Wang membawa hasil positif, dan pada tahun 2013, DJI merampungkan drone komersil pertamanya yang diberi nama Phantom.

Inovasi dan Pertumbuhan DJI

Sebelum merilis Phantom, DJI telah mengeluarkan beberapa drone dan komponen flight control, menunjukkan komitmen perusahaan terhadap inovasi. Keberhasilan DJI dalam merilis Phantom menjadi tonggak penting dalam industri drone. Sejak itu, DJI terus meluncurkan produk-produk inovatif seperti Flame Wheel F330-F550 ARF Kit, S800, dan Zenmuse Z15 Camera Gimbal, yang semakin mengukuhkan posisinya sebagai penguasa pasar drone komersil global.

Baca Juga :   Gadget Pintar untuk Rumah Cerdas: Transformasi Menuju Kehidupan Lebih Nyaman

” Baca Juga: Perkembangan Aktivitas Gempa Di Gunung Api Ile Lewotolok “

Kesimpulan

Perjalanan DJI, dari sebuah kamar kos hingga menjadi penguasa pasar drone komersil terbesar di dunia, merupakan contoh nyata dari bagaimana sebuah hobi dapat berkembang menjadi bisnis yang sukses. Dengan komitmen, ketekunan, dan inovasi, DJI terus mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin dalam industri drone.

No More Posts Available.

No more pages to load.