Kota Surabaya dan Jakarta Mengalami Suhu Terpanas

by
Suhu Terpanas

olympic.or.id – Surabaya di Jawa Timur dan Jakarta mencatat suhu terpanas di Indonesia selama periode Maret hingga Mei 2024. Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak mencatat suhu di Surabaya mencapai 29,4 derajat Celsius pada Maret dan 29,8 derajat Celsius pada April. Pada Mei 2024, Jakarta mencatat suhu rata-rata tertinggi, dengan Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Priok melaporkan suhu mencapai 30,3 derajat Celsius. Penyebab utama suhu panas ini diuraikan oleh Kadarsah, Koordinator Bidang Analisis Perubahan Iklim BMKG, yang menyebutkan tiga faktor utama: gerak semu Matahari, anomali iklim, dan pemanasan global.

” Baca Juga: Kunjungan ke Workshop Sarop Do Mulana “

Faktor Penyebab Suhu Panas di Surabaya dan Jakarta

Kadarsah menjelaskan bahwa gerak semu Matahari adalah salah satu penyebab utama. Matahari berada di utara khatulistiwa, yang menyebabkan panas ekstrem. Gerak semu Matahari mengurangi pembentukan awan di wilayah tersebut, sehingga sinar Matahari langsung menyinari permukaan bumi, menyebabkan peningkatan suhu. Selain itu, anomali iklim juga memainkan peran penting. Meskipun El Nino 2023/2024 telah memasuki fase netral, pengaruhnya masih terasa di berbagai wilayah Indonesia, termasuk Surabaya dan Jakarta. Terakhir, pemanasan global menyebabkan suhu meningkat setiap tahun, menambah panas yang dirasakan di kedua kota tersebut.

Prakiraan Suhu Panas Hingga September 2024

Menurut prakiraan BMKG, suhu terpanas di Surabaya dan Jakarta diperkirakan akan berlangsung hingga September 2024. BMKG melaporkan bahwa 36 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim kemarau pada Juni 2024, yang mencakup beberapa daerah seperti Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Sulawesi Utara. Kondisi ini mengindikasikan bahwa suhu panas kemungkinan akan bertahan di wilayah-wilayah tersebut.

Baca Juga :   Update Kondisi Terkini Perang Rusia dan Ukraina

Kota dengan Suhu Tertinggi Maret-Mei 2024

BMKG juga mencatat lima kota dengan suhu rata-rata tertinggi selama Maret hingga Mei 2024. Pada Maret, Surabaya di Jawa Timur mencatat suhu rata-rata tertinggi sebesar 29,4 derajat Celsius. Diikuti oleh Luwuk di Sulawesi Tengah dengan 29,2 derajat Celsius, Ambon di Maluku dengan 29,1 derajat Celsius, Medan di Sumatera Utara dengan 29,1 derajat Celsius. Sementara Tanjungbalai Karimun di Kepulauan Riau dengan 29,1 derajat Celsius.

Bulan April, suhu rata-rata tertinggi tercatat di Surabaya dengan 29,8 derajat Celsius. Disusul oleh Tanjung Priok di Jakarta dengan 29,7 derajat Celsius. Semarang di Jawa Tengah dengan 29,5 derajat Celsius, Medan dengan 29,4 derajat CelsiusSementara di Jakarta Pusat dengan 29,4 derajat Celsius.

Pada Mei, Tanjung Priok di Jakarta mencatat suhu tertinggi sebesar 30,3 derajat Celsius. Diikuti oleh Jakarta Pusat dengan 30,1 derajat Celsius, Surabaya dengan 30,1 derajat Celsius. Semarang dengan 30 derajat Celsius, dan Medan dengan 29,9 derajat Celsius.

” Baca Juga: Luke Shaw Optimistis Bisa Tampil untuk Inggris di Euro 2024 “

Dengan suhu terpanas yang terus meningkat, kondisi panas di Surabaya dan Jakarta menjadi perhatian utama, dan berbagai faktor yang berkontribusi perlu diatasi untuk mengurangi dampaknya di masa depan.

No More Posts Available.

No more pages to load.