Sebarkan Ilmu Komunikasi Melalui Edukasi Kreasi Konten Video

by

olympic.or.id – Mahasiswa dari program Magister Ilmu Komunikasi di Post Graduate School of Communication (PGSC) Universitas Paramadina menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tujuan mengajarkan keterampilan public speaking dan pembuatan konten video pendek. Kegiatan yang berlangsung pada Minggu, 23 Juni 2024, ini dilaksanakan di Sekolah Alam Khadijah Darojah (Sakhado), Bojong Gede. Aktivitas ini bukan hanya menjadi bagian dari tanggung jawab sosial mahasiswa tetapi juga sebagai upaya untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat dan meningkatkan kemampuan komunikasi anak-anak.

” Baca Juga: Robert Whittaker: Pembuktian Diri di UFC Fight Night Saudi Arabia “

Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Sakhado

Dengan tema “Fun Learning Public Speaking & Video Content Creation for Kids”, kegiatan ini juga menjadi bagian dari agenda student camp di Sakhado. Program ini diadakan untuk mengisi liburan sekolah anak-anak dengan kegiatan yang bermanfaat dan edukatif. Dotty Rahmatiasih, perwakilan dari kelompok mahasiswa PGSC Universitas Paramadina. Menyatakan bahwa mereka bekerja sama dengan kelas tahfidz Sakhado untuk menyelenggarakan kegiatan yang menyenangkan ini. Tujuannya adalah untuk memperluas wawasan serta pengetahuan siswa agar mereka bisa berkomunikasi dengan baik dan menjadi lebih percaya diri dalam tampil di depan publik. Menurut Dotty, ini penting karena anak-anak tersebut adalah calon pemimpin di masa depan.

Dotty juga menambahkan bahwa Sekolah Alam Khadijah Darojah (Sakhado) dipilih sebagai tempat untuk kegiatan pengabdian masyarakat karena banyak siswa di sana yang berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah. Dengan demikian, memberikan pelatihan di sekolah ini menjadi prioritas karena para siswa memiliki potensi besar namun membutuhkan bantuan untuk berkembang. Rida Permata Sari, pengurus Sakhado, menyambut positif inisiatif ini. Ia berharap bahwa kegiatan kolaborasi ini akan memberikan dampak positif bagi siswa, terutama dalam meningkatkan kemampuan komunikasi mereka.

Baca Juga :   Akreditasi Unggul untuk Prodi PGSD President University

Pentingnya Ilmu Komunikasi Public Speaking

Rida menyampaikan bahwa keterampilan public speaking sangat penting bagi anak-anak saat ini untuk melatih mereka agar lebih percaya diri dan mampu menyampaikan ide mereka di depan umum. Hal ini penting karena anak-anak ini adalah calon pemimpin masa depan. Menurutnya, di kelas Tahfidz yang murid-muridnya sebagian besar berasal dari warga lokal sekitar, sering terjadi perundungan antar santri. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengurangi perundungan ini, namun tidak membuahkan hasil yang signifikan.

Tiga tahun lalu, Rida, yang juga pendiri Yayasan Khadijah Darojah, merasa putus asa terhadap meningkatnya kasus perundungan. Namun, sebuah inspirasi muncul: mereka memutuskan untuk membuat konten dari setiap peristiwa perundungan dan menunjukkan akibat negatifnya. Kemudian, mereka mengadakan lomba konten video tentang perilaku positif. Sejak dilaksanakan Lomba Video Konten Kreator Akhlak, tingkat perundungan di sekolah tersebut menurun drastis. Hadiah bagi pemenang lomba bukan berupa barang atau uang. Melainkan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat di luar Bojong Gede. Seperti naik kereta bandara ke Soekarno-Hatta, menggunakan skytrain, dan mengunjungi Terminal 3 bandara. Pengalaman ini memberikan perspektif baru bagi anak-anak tentang dunia luar yang lebih luas dari desa mereka.

Antusiasme Terhadap Kegiatan CSR

Ketika mahasiswa PGSC Paramadina mengusulkan kegiatan CSR dengan tema public speaking dan kreasi konten video, pihak Sakhado sangat antusias. Mereka merasa bahwa inisiatif ini sangat sejalan dengan program yang sedang mereka jalankan. Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi pengabdian masyarakat dalam tri dharma perguruan tinggi yang secara berkala dilakukan oleh Universitas Paramadina untuk memberikan manfaat keilmuan dari para mahasiswa kepada masyarakat, khususnya mahasiswa program Magister Ilmu Komunikasi.

” Baca Juga: PKS Usung Sohibul Iman Gubernur DKI “

Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian masyarakat ini tidak hanya membantu anak-anak dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan percaya diri mereka. Tetapi juga menunjukkan bagaimana pendidikan dan keterlibatan sosial dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada komunitas lokal. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para siswa di Sakhado dapat tumbuh menjadi individu yang lebih berdaya dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Baca Juga :   Tantangan Pendidikan Tinggi di Indonesia

No More Posts Available.

No more pages to load.