Kustomisasi Home Screen dan Lock Screen iOS 18

by
iOS 18

olympic.or.id – Pada ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024, Apple secara resmi memperkenalkan iOS 18 pada Selasa (11/6/2024) dini hari waktu Indonesia. Salah satu fitur baru yang mencolok di iOS 18 adalah kemampuan untuk kustomisasi tampilan Home Screen dan Lock Screen. Ini merupakan pertama kalinya pengguna iPhone bisa mengatur tata letak ikon aplikasi sesuai keinginan mereka. Fitur ini memungkinkan penempatan ikon aplikasi di mana saja di Home Screen, baik secara individual maupun dalam kelompok.

” Baca Juga: Penyebab Akun Instagram Hilang “

Sebelumnya, sistem otomatis mengatur tata letak ikon sehingga tidak ada celah antar aplikasi. Selain itu, iOS 18 juga menawarkan mode gelap untuk ikon aplikasi, yang akan membuat warna ikon menjadi lebih redup dan didominasi oleh warna gelap. Pengguna juga dapat mengubah warna ikon agar lebih sesuai dengan wallpaper ponsel. Meski fitur ini mirip dengan yang sudah ada di Android, iOS 18 memberikan sentuhan tambahan dengan kemampuan mengkustomisasi warna ikon.

Fitur Perekam Panggilan Suara

iOS 18 juga membawa fitur perekam panggilan suara yang sebelumnya sudah ada di beberapa perangkat Android. Google telah memperkenalkan fitur ini di Google Pixel pada tahun 2021. Kini, pengguna iPhone dapat merekam panggilan suara secara native dan bahkan membuat transkrip real-time saat melakukan panggilan. Apple menyebutkan bahwa sistem akan memberitahu penerima panggilan bahwa percakapan sedang direkam, untuk menghindari masalah hukum yang mungkin timbul. Dukungan bahasa yang tersedia untuk transkrip ini termasuk Inggris, Spanyol, Perancis, Jerman, Jepang, Mandarin, Kanton, dan Portugis.

Baca Juga :   Harga dan Cara Berlangganan Paket Internet Starlink di Indonesia

Fitur Menyembunyikan Aplikasi

Kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi di iOS 18 adalah fitur lain yang sudah lama ada di perangkat Android. Pengguna Android sudah familiar dengan fitur ini melalui berbagai merek seperti Redmi, Xiaomi, Samsung, OnePlus, dan Asus. Di iOS 18, pengguna iPhone dapat menyembunyikan aplikasi dengan memindahkannya ke folder tersembunyi yang hanya bisa diakses melalui metode autentifikasi seperti FaceID, TouchID, atau kode sandi. Aplikasi yang tersembunyi tidak akan muncul di Home Screen, sehingga menjaga privasi pengguna lebih baik.

Gaming Mode

Apple juga memperkenalkan Gaming Mode di iOS 18, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih imersif. Dengan tingkat refresh rate yang tinggi dan kinerja yang optimal. Gaming Mode ini secara otomatis menurunkan latensi jika pengguna juga menggunakan AirPods saat bermain. Fitur ini sudah ada di Android sejak versi 12, di mana Gaming Mode menawarkan perekaman layar, mode Do-not-Disturb (DnD), dan penghitungan frame per second (fps) untuk meningkatkan pengalaman bermain game.

Menghapus Objek di Foto

Terakhir, iOS 18 memperkenalkan fitur Clean Up yang memungkinkan pengguna menghapus objek yang tidak diinginkan dalam foto tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga. Fitur ini mirip dengan Magic Eraser yang diperkenalkan oleh Google di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro pada tahun 2021. Clean Up memungkinkan pengguna untuk menghapus objek atau orang tertentu dari frame foto dengan mudah, menjadikan hasil foto lebih bersih dan sesuai keinginan.

” Baca Juga: Brain Cipher Bagikan Kunci Dekripsi Gratis untuk Data PDNS 2 “

Itulah lima fitur baru di iOS 18 yang ternyata sudah lebih dulu hadir di perangkat Android. Saat ini, masih dalam versi beta untuk pengembang dan diharapkan akan tersedia untuk publik secara bertahap mulai dari September hingga akhir tahun 2024.

Baca Juga :   Cara Mengganti Bahasa di Laptop Windows 10, 8, Dan 7

No More Posts Available.

No more pages to load.